REGISTRI DATA AKSI MITIGASI JATENG KE SRN

  Semarang, Mei 2021. Direktorat IGRK dan MPV menyelenggarakan pertemuan untuk memfasilitasi pemerintah provinsi/daerah dan unit pelaksana tek

Penyiapan Panduan Metodologi Penghitungan Reduksi Emisi GRK
Dinas Lingkungan Hidup Klaim Kualitas Udara di GBK Berkategori Baik
Identifikasi Teknologi Rendah Karbon Di Provinsi DI.Yogyakarta

 

Semarang, Mei 2021. Direktorat IGRK dan MPV menyelenggarakan pertemuan untuk memfasilitasi pemerintah provinsi/daerah dan unit pelaksana teknis di Provinsi Jawa Tengah untuk registri data aksi mitigasi ke SRN PPIdi Semarang pada 24 Mei 2021. Tujuan kegiatan adalah untukmeningkatkan pemahaman personil di instansi pemerintah maupun pemangku kepentingan tentang SRN PPI, mendorong untuk meregistri data aksi mitigasi yang dilakukan sebagai bentuk kontribusi dalam penurunan emisi dan/atau peningkatan serapan GRK, serta menjaring masukan/gagasan untuk mengefektifkan proses registri ke SRN PPI. Output dari kegiatan ini yaitu terbentuknya pemahaman yang sama akan SRN sehingga teregisternya aksi mitigasi oleh para penanggung jawab kegiatan di daerah ke SRN PPI.

Sebagaimana diketahui bahwa pada tanggal 1 November 2016, Ditjen PPI telah melucurkan SRN (Sistem Registri Nasional) berbasis web sebagai realisasi upaya pembangunan basis data. Dengan SRN ini diharapkan semua pihak khususnya para pelaku aksi mitigasidi daerah dapat merigistri aksi mitigasinya sehingga dapat termonitor secara nasional. Hadir dalam acara ini Direktur IGRK MPV Dr. Syaiful Anwar, M.Si sebagai narasumber, juga Kepala Dinas LH Provinsi Jateng, Kepala Bappeda Provinsi Jateng, dan Para Kepala Dinas LH Kabupaten di Provinsi Jateng, serta Kepala Balai PPIKHL Region Jabalnustra (Jawa, Bali dan Nusa Tenggara).

Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan merasa mendapatkan pencerahan atas materi yang disampaikan pada kegiatan yang memuat kebijakan internasional dan nasional sampai dengan pemetaan atas aksi mitigasi yang telah dilakukan oleh instansi pemerintah (DLH maupun Bappeda). Dari hasil pemetaan data aksi mitigasi di sektor kehutanan, pertanian, dan limbah telah dilakukan uji coba registry ke SRN PPI.

Disampaikan juga bahwa Balai PPIKHL memfasilitasi untuk klinik SRN PPI sehingga semua penanggung jawab kegiatan dapat berkontribusi dalam meregistri data aksi mitigasi kedalam SRN PPI.

Kegiatan fasilitasi registry aksi mitigasi ke SRN PPI yang dilaksanakan di Provinsi Jateng akan juga dilaksanakan di provinsi lain#.

Older Post

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0