Direktorat IGRK dan MPV Menginisiasi Kesepakatan Metodologi dalam Penghitungan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

Direktorat IGRK dan MPV Menginisiasi Kesepakatan Metodologi dalam Penghitungan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Jakarta, 29 Agustus 2018. Dir

Identifikasi Teknologi Rendah Karbon Di Provinsi DI.Yogyakarta
Dinas Lingkungan Hidup Kerahkan 1.000 Pasukan Oranye Saat Asian Games
WORKSHOP PERCEPATAN OPERASIONAL SRN

Direktorat IGRK dan MPV Menginisiasi Kesepakatan Metodologi dalam

Penghitungan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

agusigrk21

Jakarta, 29 Agustus 2018. Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK Dr. Ir. Ruandha Agung Sugardiman, M.Sc mengapresiasi upaya Direktorat IGRK dan MPV dalam mendorong kesepakatan penggunaan metodologi penghitungan emisi Gas Rumah Kaca. Selama ini masing-masing sektor yang memegang tanggung jawab perhitungan emisi menggunakan metode masing-masing yang belum terintegrasi satu sama lainnya. Masing-masing sektor itu adalah KLHK untuk sektor kehutanan dan limbah, Kementerian Perindustrian untuk sektor IPPU, Kementerian ESDM untuk sektor energi, Kementerian Pertanian untuk sektor pertanian.

agusigrk22

Direktorat IGRK dan MPV menargetkan akhir oktober 2018 untuk lauching Pedoman Penghitungan Aksi Mitigasi Pengendalian Perubahan Iklim yang nantinya akan menjadi panduan seluruh sektor dan stakeholder terkait. Hal ini disampaikan Direktur IGRK dan MPV DR. Joko Prihatno bahwa masing-masing penanggungjawab sektor telah menggunakan metodologi masing-masing sesuai dengan aksi mitigasi yang telah dilakukan. Ini semua merupakan hal yang positif. Namun demikian, KLHK selaku National Focal Point UNFCC harus mengkoordinasikan dan mengintegrasikan metodologi yang ada agar memenuhi target NDC yang telah menjadi komitmen Indonesia pada dunia internasional. Secara khusus pertemuan ini ditujukan untuk menyeleksi metodologibaik Data Aktifitas maupun Faktor Emisi dan melengkapi metodologi yg belum ada.

agusigrk23

Dalam kesempatan tersebut turut hadir pakar pengendalian perubahan iklim Prof. Rizaldi Boer yang membahas secara khusus beberapa metodologi yang diterapkan di beberapa sektor terkait perhitungan aksi mitigasi sektor lahan serta DR. Retno Gumilang Dewi pembicara ahli dari sektor non lahan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 1