GHG Inventory Data Review Workshop to Support MRV System BioCF-ISFL Provinsi Jambi

GHG Inventory Data Review Workshop to Support MRV System BioCF-ISFL Provinsi Jambi  Foto Bersama Peserta dan Narasumber (Dok. Direktorat IGRK dan

Identifikasi Teknologi Rendah Karbon Di Provinsi DI.Yogyakarta
Direktorat IGRK dan MPV Menginisiasi Kesepakatan Metodologi dalam Penghitungan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca
Dinas Lingkungan Hidup Klaim Kualitas Udara di GBK Berkategori Baik

GHG Inventory Data Review Workshop to Support MRV System BioCF-ISFL Provinsi Jambi

 Foto Bersama Peserta dan Narasumber (Dok. Direktorat IGRK dan MPV)

 Bogor, 18 Oktober 2019, Pengembangan sistem Monitoring, Reporting, Verification  (MRV) dan finalisasi Forest Reference Emission Level (FREL) program Bio Carbon Fund-Initiative for Sustainable Forest Landscape (BioCF-ISFL)  provinsi Jambi, saat ini sudah mulai berjalan dan sedang berada dalam tahap persiapan. Pengembangan sistem MRV dan FREL BioCF-ISFL mengacu pada Methodological Approach (MA) BioCF-ISFL dan sejalan dengan pendekatan nasional. Data dan metodologi yang saat ini dikembangkan sebagian besar menggunakan data dan metode yang diterapkan di tingkat nasional khususnya yang dikembangkan oleh Sistem Pemantauan Hutan Nasional (National Forest Monitoring System). Namun demikian, beberapa modifikasi data dan metode diterapkan terkait dengan kebutuhan agar sesuai dengan persyaratan MA BioCF-ISFL.

 Direktur IGRK dan MPV menyampaikan paparan (Dok. Direktorat IGRK dan MPV)

Dalam rangka mendukung aktivitas MRV dan finalisasi FREL, Program BioCF-ISFL melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim yang dilaksanakan Direktorat Inventarisasi GRK dan MPV dengan dukungan pendanaan dari Direktorat Mitigasi Perubahan Iklim berkolaborasi dengan Silva Carbon menyelenggarakan rangkaian Workshop GHG Inventory Data Review To Suport MRV System BIOCF- ISFL in Jambi Province.

Workshop dilaksanakan dalam dua rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan secara berurutan dengan tema: 1) “MRV Data Review and Capacity Needs for Jambi Province” yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 Oktober 2019, yang dilakukan berdasarkan laporan Inventarisasi GRK yang dilaksanakan oleh tim BioCF-ISFL Provinsi Jambi. Selanjutnya dilakukan review atas laporan tersebut sesuai dengan persyaratan pelaporan GRK pada program BioCF-ISFL dan IPCC Guildelines 2006, dan 2) “Practical of Implementation on GHG Inventory” dilaksanakan pada tanggal 16-18 Oktober 2019, dilakukan dalam bentuk pengenalan penggunaan aplikasi pemetaan dan identifikasi perubahan lahan/hutan dengan menggunakan sistem komputasi awan (cloud computing) dengan Google Earth Engine (GEE) dengan dukungan pakar-pakar teknis pada pemetaan dan monitoring penggunaan lahan di Washington DC, USA.

Jalannya training dan presentasi peserta workshop (Dok. Direktorat IGRK dan MPV)

Workshop dihadiri perwakilan dari pemerintah pusat dan lembaga calon pelaksana MAR (monitoring, analysis, and reporting) di tingkat tapak, antara lain perwakillan dari Subdit IGRK Lahan, Subdit MRV Lahan, Direktorat IPSDH, Bappeda Provinsi Jambi, Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, KPHP Kerinci, KPHP TanJabBar, KPHP Muaro Jambi, KPHP Tanjung Jabung Timur, KPHP Batanghari, KPHP Limau, KPHP Sarolangun, KPHP Sarolangun VIII Hilir, KPHP Merangin, KPHP Bungo, KPHP Tebo Barat, KPHP Tebo Timur, UPTD Tahura, TN Berbak Sembilang, TN Bukit Tiga Puluh, TN Kerinci Seblat, Universitas Jambi dan Tim World Bank.

          Pemberian sertifikat dan foto bersama trainer (Dok. Direktorat IGRK dan MPV)

Dari workshop ini para peserta telah mengidentifikasi Institutional arrangement pada masing-masing unit kerja dengan tupoksi masing-masing serta kebutuhan peningkatan kapasitas yang dibutuhkan dalam kerangka BioCF ISFL. Selain itu peserta dapat menggunakan Google Earth Engine (GEE) yang merupakan salah satu tools bantuan yang dapat dimaksimalkan dalam monitoring perubahan tutupan lahan berdasarkan kelas tutupan lahan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0